Saturday, October 19, 2013

Ikan-ikan Paling Cantik/Indah di Dunia (World Most Beautiful Fish)

Kali ini kita akan melihat ikan-ikan yang paling indah yang ada di dunia. Ikan apa saja itu?. (This time we're going to see the world most beautiful fish).

1. Mandarin Fish
Memiliki nama latin Synchiropus splendidus, ikan ini biasanya di pelihara di akuarium yang berair asin. Habitat asli ikan ini ada di Samudera Pasifik dan tersebar dari Jepang sampai Australia. Panjang ikan ini hanya mencapai sekitar 7,5 cm. Makanan utamanya berasal dari invertebrata kecil lainnya yang ada di batu-batu karang. (Has the scientific name Synchiropus splendidus, this fish is usually kept in a salt water aquarium. The original habitat is in the Pacific Ocean, and can be found from Japan to Australia. The length of this fish is only about 3 inches. Its main food comes from other small invertebrates that live in the rocks).


2. Discus
Ikan air tawar ini memiliki nama latin Symphysodon. Habitat aslinya adalah Sungai Amazone di Amerika Selatan. Panjang ikan ini bisa mencapai 18 cm. Makanan utamanya adalah udang kecil/berbentuk larva (Brine Shrimp), Cacing (Blood Worm, Tubifex Worms) dan larva nyamuk. (This freshwater fish has the scientific name of Symphysodon. Its natural habitat is in the Amazon River, South America. The length of these fish can reach to 18 cm. Its main food is Brine Shrimp, Blood Worm, Tubifex Worms and mosquito larvae).

3. Blueface Angelfish / Yellowface Angelfish
Dengan nama latin Pomacanthus xanthometopan, ikan yang hidup di laut (air asin) ini terdapat di perairan Indo-Pasifik (Maladewa, Jepang, Malaysia, Indonesia, Filipina, Australia, Mikronesia). Panjangnya bisa mencapai 38 cm. Ikan ini termasuk omnivora dan memakan udang Mysis dan ganggang laut. (With the scientific name of Pomocanthus xanthometopan, this fish that lives in the ocean (salt water) can be found in the Indo-Pacific (Maldives, Japan, Malaysia, Indonesia, Philippines, Australia, Micronesia). Its length can reach to 15 inches. This fish is omnivorous and eat Mysis shrimp and algae).


 4. Moorish Idol
Ikan lain yang hidup di laut (air asin) ini memiliki nama latin Zanclus cornutus. Moorish Idol juga bisa ditemukan di perairan Indo-Pasifik (Afrika Timur, Jepang, Hawaii, Teluk California sampai Peru). Panjangnya hanya mencapai 23 cm dan makanan utamanya adalah udang-udang kecil dan invertebrata kecil lainnya. (Another fish that lives in the ocean (salt water) and has a scientific name of Zanclus cornutus. Moorish Idol can also be found in the Indo-Pacific (East Africa, Japan, Hawaii, the Gulf of California to Peru). Only reach to about 9 inches in length and its main food is small shrimps and other small invertebrates).


5. Regal Tang
Paracanthurus hepatus adalah nama latin dari ikan ini. Hidup di laut Indo-Pasifik dan panjang ikan ini mencapai 31 cm. Ikan ini biasanya memakan plankton-plankton dan ganggang laut. (Paracanthurus hepatus is the scientific name of this fish. Live in the Indo-Pacific ocean and its length reaches to 12 inches. This fish usually eat plankton and algae).

6. Juvenile Emperor Angelfish
Nama latinnya adalah Pomacanthus imperator. Termasuk ke dalam ikan yang hidup di laut (air asin) dan penyebarannya meliputi lautan Indo Pasifik. Panjang ikan ini dapat mencapai 40 cm dan makanan utamanya adalah udang kecil/berbentuk larva (Brine Shrimp/Mysis Shrimp). (Its scientific name is Pomacanthus imperator. Belong to the fish that live in the ocean (salt water) and can be found in Indo-Pacific oceans. The length of this fish can reach to 16 inches and its main food is Brine Shrimp or Mysis Shrimp).

7. Clown Triggerfish
Balistoides conspicillum merupakan nama latin ikan ini. Tersebar dari Samudra Hindia sampai Samudra Pasifik. Panjangnya dapat mencapai 50 cm. Makanan utamanya berupa udang-udang kecil dan hewan-hewan mollusca (cumi) lainnya. (Balistoides conspicillum is the scientific name of this fish. Can be found from the Indian Ocean to the Pacific Ocean. Can reach to 20 inches in length. The main food is small shrimps, molluscs and other invertebrates).
 
8. Ikan Cupang (Siamese Fighting Fish / Betta)
Ikan yang memiliki nama latin Betta splendens ini termasuk ke dalam ikan air tawar. Habitat aslinya ada di Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam dan sebagian China. Panjang ikan ini hanya mencapai sekitar 7 cm. Ikan ini biasanya memakan cacing air, larva nyamuk dan serangga lainnya. Ikan jantan dari jenis ini mempunyai kebiasaan untuk saling menyerang jika bertemu satu sama lain sehingga ikan ini biasa dimanfaatkan untuk diadu. (Has the scientific name of Betta splendens, this fish belong to the freshwater fish. The original habitat of this fish is in Thailand, Indonesia, Malaysia, Vietnam and parts of China. The length of this fish is only about 3 inches. It usually eats bloodworms, mosquito larvae and other insects larvae. The males of this species will attack each other when they meet. This makes them become a fighting fish).
 
9. Ikan Badut (Clown Fish / Anemonefish)
Ikan badut memiliki nama Latin Amphiprion ocellaris. Terdapat di perairan Indo-Pasifik (Samudra Hindia dan Samudra Pasifik) sampai Oceania. Ikan ini hidup bersimbiosis dengan anemon laut. Panjang ikan ini mencapai 10 cm. Ikan badut termasuk ikan omnivora dengan memakan larva udang ataupun ganggang. (Clown fish has a scientific name of Amphiprion ocellaris. Found in Indo-Pacific (Indian Ocean and the Pacific Ocean) to Oceania. This fish lives in symbiosis with anemones. The length of the fish reaches to 10 cm. Include to omnivorous fish, where can eat both larvae and algae). 

10. Parrot fish
Ikan ini merupakan ikan hasil kawin silang. Terdapat di perairan Indo-Pasifik. Panjang ikan ini bervariasi dari 20 cm sampai 50 cm. Makanannya terutama hewan-hewan invertebrata lainnya. (This fish is a crossbreed fish. Found in Indo-Pacific, the fish length varies from 20 cm to 50 cm. Food especially other invertebrates).

No comments:

Post a Comment