Thursday, October 10, 2013

Jenis-Jenis Bilangan (Type of Numbers)

Apa yang ada di benak kita ketika mendengar kata matematika? Well, salah satunya adalah sekumpulan angka-angka yang bagi sebagian orang (khususnya yang tidak suka dengan matematika), memusingkan! Nah, biar sedikit tidak memusingkan lagi, mari kita kelompokkan angka-angka (bilangan-bilangan) itu ke dalam beberapa jenis
  1. Bilangan Asli (Natural Number), merupakan bilangan yang digunakan untuk berhitung. Dimulai dari 1, 2, 3, 4, 5, … (dan seterusnya). Simbol yang biasa digunakan bilangan ini adalah A atau N. 
  2. Bilangan Cacah (Whole Number), merupakan semua bilangan Asli ditambah dengan bilangan 0. Dimulai dari 0, 1, 2, 3, 4, …. Biasanya simbol yang digunakan bilangan ini adalah C atau W.
  3. Bilangan Bulat (Integer), terdiri dari bilangan Asli (positif), 0 (nol) dan bilangan negatif. Jadi bilangan ini adalah …, -3, -2, -1, 0, 1, 2, 3, 4, …. Simbol yang umum digunakan bilangan ini adalah Z.
  4. Bilangan Rasional (Rational), yaitu bilangan yang dapat dinyatakan dalam bentuk pecahan (a/b), dimana pembilang (a) dan penyebut (b) adalah bilangan bulat serta penyebut tidak boleh sama dengan 0 (b ≠ 0). Biasanya menggunakan simbol Q. Contoh bilangan Rasional antara lain adalah: 1/2, 3 (bisa dinyatakan menjadi 6/2 atau 9/3 dst.), 0,8 (bisa dinyatakan menjadi 8/10), 1,333333… (bisa dinyatakan menjadi 12/9) dan sebagainya.
  5. Bilangan Irasional (Irrational), merupakan bilangan yang tidak bisa dinyatakan dalam bentuk pecahan (a/b) dan ketika dinyatakan dalam desimal, bilangan tersebut adalah desimal yang tak terbatas dan tak berulang atau acak. Simbol bilangan ini biasanya adalah Q’. Contoh bilangan Irasional antara lain adalah: nilai dari π (3,14159.... Nilai π yang sering dipakai yaitu 3,14 adalah dari hasil pembulatan), (1,41421356...) dan sebagainya.
  6. Bilangan Real / Nyata, merupakan gabungan dari bilangan Rasional dan Irasional. Jadi semua bilangan Rasional dan Irasional adalah bilangan Real. Simbol yang digunakan bilangan ini adalah R. 
  7. Bilangan Imajiner (Imaginary), merupakan lawan dari bilangan Real, umumnya adalah akar kuadrat dari bilangan negatif (√-1, √-7 dan sebagainya). Untuk menuliskan bilangan ini biasanya digunakan huruf i yang adalah √-1. Contohnya √-9 = √(9 x -1) = √9 x √-1= 3x√-1 = 3i. 
  8. Bilangan Kompleks (Complex), merupakan gabungan dari bilangan Real dan Imajiner, misalnya 15 + 4i.
Selain itu, di dalam matematika juga ada dikenal beberapa jenis bilangan berikut.
  • Bilangan Prima (Prime), merupakan bilangan Asli / positif integer yang hanya memiliki tepat dua faktor, yaitu 1 dan bilangan itu sendiri. Contohya: 2 (faktornya hanya 1 dan 2), 3 (faktornya hanya 1 dan 3), 5 (faktornya hanya 1 dan 5), 17 (faktornya hanya 1 dan 17) dan sebagainya.
  • Bilangan Komposit (Composite), merupakan bilangan yang memiliki faktor lebih dari dua (lebih dari 1 dan bilangan itu sendiri). Bisa dikatakan berlawanan dengan bilangan prima. Contohnya 4 (faktornya ada tiga yaitu 1,2 dan 4), 6 (faktornya ada empat yaitu 1,2,3 dan 6), 15 (faktornya ada empat yaitu 1,3,5 dan 15) dan sebagainya.
  • Bilangan Kuadrat (Perfect Square), merupakan bilangan asli yang didapatkan dari perkalian dua bilangan yang sama (didapatkan dari perkalian suatu bilangan dengan bilangan itu sendiri). Contohnya 1 (dari 1 x 1), 4 (dari 2 x 2), 9 (dari 3 x 3), 144 (dari 12 x 12) dan sebagainya.
Ok dech, semoga bisa membantu!

No comments:

Post a Comment